Sejarah Desa

Setiap desa pasti memiliki sejarahnya masing-masing demikian halnya dengan Desa Borehbangle. Sejarah asal muasal desa seringkali tertuang dalam dongeng-dongeng yang diwariskan secara turun-temurun dan disampaikan dari mulut kemulut. Sehingga sulit dibuktikan kebenarannya secara fakta.

Awal mula terbentuknya Desa Borehbangle belum diketahui pasti kapan atau tahun berapa terbentuknya. Keberadaan suatu Desa, mempunyai historis tersendiri sehungga dinamakan Desa Borehbangle. Menurut cerita Bapak Masyhari mengatakan, di Desa Borehbangle dahulu ada sebuah pohon besar dan pohon tersebut umurnya sudah sangat tua sekali, kemudian oleh sesepuh di Desa tersebut pohon itu diberi kembang boreh dan akhirnya orang-orang memberi nama desa tersebut dengan sebutan BOREHBANGLE. Dan nama Borehbanglepun juga mempunyai singkatan yaitu sebagai berikut:

B ahagia

O pakarti

R ukun

E ko kapti

H angrungkepi

B ebuden

A mbudidoyo

N arimo

G egono

L estari ing tembe

E enggal tumandang

Dalam perjalanannya, tentu banyak kisah yang mewarnai desa Borehbangle baik pahit maupun manisnya. Namun semua itu telah menjadi bagian dari sejarah yang tak terlupakan oleh anak anak cucu kelak.Sekarang desa Borehbangle telah berbenah dan menatap masa depan dengan penuh harapan demi terwujud masyarakat yang adil dan makmur.

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)